Latest Article
Jadilah Sang Kuda Hitam agar tidak di Kambing Hitam kan

Kita sering mendengar kata kambing hitam, seseorang yang menjadi korban dari sekelompok orang tertentu. Kitapun pasti tidak ingin menjadi orang yang di kambing hitam kan. Dalam dunia kerja dan karir pun hal ini bisa terjadi. Serangan terhadap kita bisa muncul dari beberapa orang. Mereka yang menyerang  kita umumnya terkena serangan virus modern SOS: susah lihat orang lain senang, dan senang lihat orang lain susah.

Nah kita harus punya pertahanan yang kuat terhadap serangan ini. Apalagi jika Anda termasuk orang yang baru dalam sebuah lingkungan, inilah saatnya Anda yg tidak diunggulkan, tetapi justru dapat menjadi juara. Bukan menjadi KAMBING HITAM justru menjadi KUDA HITAM (asal mulanya diambil dari Legenda The Black Stallion). 

Bagaimana tips menjadi KUDA HITAM dalam karier Anda? Anda hanya perlu berlari dan jangan pernah berhenti berlari dengan selalu memiliki KUDA-KUDA yang kuat.

Ada 4 hal yg disingkat dgn kata KUDA untuk menjadikan diri kita sebagai KUDA HITAM.

Karakter. Ini lebih penting loh dari kompetensi. Banyak bukti bahwa masyarakat bukan lebih menerima orang yang pintar, jago dalam bidang tertentu, namun mereka lebih memiliki karakter yang baik. Bahkan sebelum sukses membawa Apple, Steve Jobs pernah dipecat dari perusahaan yang ia dirikan sendiri karena karakternya yang terlalu egois, mementingkan kemauannya sendiri.

Perjalanan karier awal saya sebagai karyawan baru 20 tahun lampau, dimulai dari prestasi "GATOT: Gagal Total" selama 3 bulan pertama. Mengandalkan kompetensi sebagai sarjana lulusan Teknik Industri, tidak mampu memuaskan pimpinan saya dalam hal merancang persiapan sebuah pabrik mobil di Vietnam kala itu. Dua kali saya dihajar KO dengan keterbatasan kemampuan saya saat itu. Hingga suatu kali Februari 1996, di Sabtu pagi Jakarta terserang banjir besar. Komitmen dan rasa memiliki proyek yang saya tangani, menerobos banjir setinggi pinggang, di hari libur tersebut...justru yang menyelamatkan bahkan melesatkan karier saya berikutnya. Saya mulai menjadi KUDA HITAM, seorang anak baru yang diperhitungkan. Di tahun 1998 di saat Krisis Moneter melanda Indonesia, dari 6000 karyawan perusahaan saat itu hanya dipertahankan 10 %, termasuk saya.  Jika kita miliki Karakter yang unggul, kita bisa bangun Kompetensi yang belum kita miliki saat ini.

 Unik. Jadilah diri sendiri, namun belajarlah dari orang-orang yang lebih dahulu sukses dan sesuaikan dengan potensi Anda sendiri. Bukan mencontek 100 persen.Saya sering mendapat sebutan MANUSIA SALJU (Salah Jurusan). Berlatar belakang pendidikan Teknik Industri, mengawali karier sebagai seorang engineer di sebuah pabrik otomotif terbesar di Indonesia, namun memiliki karier terpanjang hingga hari ini sebagai seorang yang menangani 'manusia'. Justru berawal dari kesenangan mendesain acara perusahaan yang lebih FUN, tidak formal, terkadang sedikit iseng (pernah suatu kali mempertemukan dua direksi beradu di atas ring ala petinju), akhirnya hal ini yang dapat menjadi keunikan yang berarti. Pimpinan tertinggi perusahaan menawari saya memegang Divisi Human Capital di 2005. Setahun kemudian berbekal dengan keunikan proses pengelolaan MANAJEMEN PERFORMANCE akhrinya kami mendapatkan penghargaan HR Excellence Award dan HR Prospect dari Swa Magazine.

 Dedikasi. Jangan pernah hitung-hitungan dengan besaran upah yang kita terima hari ini. Karena jauh dalam diri kita, banyak potensi yang perlu kita tunjukkan sebagai prestasi bagi perusahaan atau orang-orang di lingkungan kita. Awal saya berkarier di 1995, ada seorang teman yang bertanya. "Buat apa kamu kerja sampai ngotot gitu? Gaji kita khan nggak seberapa?" Saat itu saya jawab " Aku bersyukur dengan gaji yang kuperoleh. Dan ini adalah kerjaan yang menyenangkan." Ternyata itulah awal pondasi yang akhirnya makin memperkuat karier saya di masa depannya, hingga suatu saat menjadi orang pertama di perusahaan untuk bidang Human Capital.

 Antusias. Kita sering mendengar cerita bagaimana menangkap kupu-kupu lebih banyak dari orang lain. Bukan perbesar jaring yang kita punyai, namun jadikan diri kita sebagai kebun indahnya. Itulah energi antusiasme. Ini seperti magnet. Orang yg energinya positif ia banyak mendapat dukungan dari lingkungannya. Dan makin menjauhkan dia dari orang yg dikambinghitamkan. 

Selamat mencoba dan berlatih!

 Jika Anda ingin disayang, dihargai dan dihormati, lakukan itu sekarang, jangan tunggu orang lain melakukannya lebih dulu. Segera berlari dan jadilah KUDA HITAM.

 

Tag : FUNtastic Career