Latest Article
Satu Hati Bangun Negeri SEJUTA PELANGI

Bongkar Potensi NEGERI Sejuta Pelangi !

Menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-70, FUN MASTER Academy bekerjasama dengan Pemda Belitung Timur mengadakan sesi workshop ‘Satu Hati Bangun Negeri’  10-12 Agustus 2015.

Di saat Indonesia harus berhadapan pemberlakuan pasar bebas Asean (MEA) pada akhir 2015, Belitung Timur yang dikenal juga dengan sebutan Negeri Sejuta Pelangi memiliki prestasi dan potensi tersendiri. Di tahun 2015, Kabupaten Beltim terpilih menjadi tuan rumah pelaksanaan Desa Teknologi Informasi dan Komunikasi (DesTIKA). Dan saat kami berada di sana, Beltim juga ditunjuk BASRI (Badan Sepak Bola Indonesia) sebagai tuan rumah Kompetisi Liga Desa Indonesia (LIDI). Kami sangat sejalan dengan usaha PEMDA dalam penerapan good governance, transparansi dan proses fairness.

Selama 3 hari tersebut acara workshop diikuti sekitar 75 orang dari perwakilan 39 desa BPD. Acara workshop yang awalnya dimulai dengan tenang, bertambah waktu menunjukkan antusias peserta yang makin meningkat. Di sesi istirahat, kami juga memberikan pelayanan analisa tulisan tangan (graphology). Sesi ini sangat diminati, hampir 100% peserta memanfaatkan waktu konsultasi pribadi untuk lebih mengenal potensi dalam diri mereka.

Acara diakhiri dengan presentasi setiap kelompok mengenai ‘Apa potensi Pemuda Beltim yang bisa dikembangkan berikut rencana aktivitas/bisnis konkritnya.’ Salah satu sasarannya agar mereka tidak lagi berfokus hanya pada bisnis pertambangan timah (peninggalan Kolonial/era Orde baru). Bagaimana mempersiapkan karakter mandiri dan berdaya juang tinggi ala FUN MASTER.  Beberapa ide kreatif muncul, di antaranya mengaitkan kemungkinan bisnis kuliner, agrowisata, kesenian dengan menggabungkan keunikan daerah seperti fauna Palilean (Tarsius bancanus) dan lebah madu juga flora: jamur kulat.

Bupati Beltim, Bpk. Basuri T Purnama dalam workshop tersebut turut meninjau dan menyampaikan beberapa pesan terkait semangat Satu Hati Bangun Negeri.  

Selain itu kami juga memanfaatkan kunjungan ke beberapa tempat menarik seperti Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi, Museum Kata, Kampung Ahok dll.

Pulang dari Beltim, kami rombongan Fun Master Academy makin diyakinkan dengan impian bersama mewujudkan FUNtastic Indonesia di 2030. Bravo Generasi Maestro Indonesia.

Tag : FUNtastic Culture